Makanan Alami Meredakan Nyeri Menstruasi

Makanan Alami Meredakan Nyeri Menstruasi - Menstruasi merupakan siklus bulanan yang dialami oleh seorang wanita. Namun menstruasi pada wanita sering kali menimbulkan rasa nyeri yang muncul menjelang datang bulan. Nah tak jarang dari mereka meminum obat untuk meredakan nyeri tersebut.

Tapi tak semua permasalahan tersebut langsung membuat perut nyaman, bahkan untuk sekedar makan, terkadang rasa nyeri dibagian dada dan pinggang masih dirasakan. Belum lagi emosi yang tak stabil, karena perubahan hormon.

Dilansir dari Shape, ternyata untuk redakan rasa nyeri pada menstruasi dapat dilakukan dengan mengkonsumsi beberapa bahan makanan berikut ini:

Kalkun

Makanan dari hewan jenis unggas ini tinggi protein, sehingga ampuh mengatur kadar serotonin dalam tubuh. Serotonin merupakan hormon pengatur kebahagiaan. Ia juga mengandung vitamin B6 yang membantu produksi dopamin, penting untuk mencegah emosi, depresi, dan meredakan nyeri pada payudara.

Gandum utuh

Jika tubuh terasa lemas sehingga menyebabkan kegiatan menjadi terbengkalai, maka roti dengan kandungan gandum utuh bisa kamu konsumsi. Karbohidrat kompleks dan vitamin B kaya protein bisa dijadikan sumber energi selama satu hari penuh. Energi itu penting untuk mencegah perut nyeri selama menstruasi.

Biji flaxseed

Perut kram karena tak kuat menahan nyeri saat menstruasi, juga sering terjadi. Untuk menguranginya, bisa menggunakan satu atau dua sendok makan biji flaxseed. Ia mengandung omega-3 yang tinggi, sehingga bisa mengurangi peradangan. Selain itu, ia mengambat produksi prostaglandin, zat kimia yang meningkatkan kontraksi otot.

Bayam

Ini sayuran yang paling mudah ditemukan. Untuk meredakan nyeri, cukup konsumsi secangkir bayam. Bisa dijadikan salad atau dijus. Hal itu mengandung sekitar 156 miligram magnesium. Dengan sumber mineral itu, wanita tak lagi merasa lemas dan pusing karena kekurangan darah.

Subscribe to receive free email updates: