Fakta Otot yang Tidak Kita Ketahui

Sumber Informasi Kesehatan Keluarga  - Setiap centimeter pergerakan tubuh membutuhkan partisipasi otot. Tanpa otot, tidak banyak hal yang bisa dilakukan. Dalam kegiatan sederhana seperti makan pun ada lebih dari tiga jenis otot yang diperlukan. Tidak hanya makan, bahkan mengunyah, menelan, dan bernapas juga membutuhkan otot. Tanpa otot yang berfungsi dengan baik, tidak akan ada gerakan!

Fungsi otot sangat esensial bagi manusia untuk dapat bertahan hidup. Meski demikian, banyak hal tentang kinerja dan fungsi otot yang tidak kita ketahui. Dikutip dari Huffington Post pada Kamis (19/12/2013), ada enam fakta tentang otot yang mungkin belum pernah Anda tahu.

Apa saja enam Fakta Otot Tidak Kita Ketahui itu?

1. Otot terkuat tidak hanya satu

Pernah mendengar bahwa lidah adalah otot terkuat? Ya, penyebabnya karena lidah mempunyai elastisitas dan kekuatan yang besar. Sangat mengagumkan, bukan?

Meski demikian, Live Science menjelaskan bahwa ada banyak cara untuk mengukur kekuatan otot dan menentukan otot mana yang paling kuat. Otot betis misalnya, ia juga mendapat gelar otot terkuat karena menghasilkan gaya paling besar. Sementara itu otot rahang juga bisa mendapat gelar sebagai otot terkuat karena memiliki gaya tekan paling besar. Jadi, otot terkuat bukan hanya lidah saja.

2. Otot bertumbuh saat tidur lelap

Merasa sangat lelah setelah berolahraga? Cobalah tidur untuk mengobatinya. Ketika memasuki tahap tidur lelap otot tubuh menjadi rileks dan aliran darah ke otot meningkat.

Menurut National Sleep Foundation, ketika tidur lelap, tubuh melepas hormon yang berfungsi untuk memacu perkembangan otot. Akibatnya otot bertumbuh dan otot yang rusak bisa diperbaiki. Namun tanpa tidur yang cukup, jangan berharap otot Anda bisa tumbuh mengesankan meski rajin berolahraga.

3. 85% panas tubuh dihasilkan oleh otot

Bukan hanya lemak yang bisa menghangatkan tubuh, otot juga bisa. Menurut National Cancer Institute, otot melepas panas ketika berkontraksi. Panas yang dilepaskan oleh kontraksi otot tersebut cukup untuk membuat tubuh merasa hangat. Itulah mengapa saat kedinginan kita menggigil, karena otak memerintahkan otot berkontraksi sehingga tubuh tetap hangat.

4. Otot yang terbentuk tidak mudah hilang

Berhenti berlatih hanya akan menghilangkan setengah massa otot yang didapat. Sedangkan untuk menghilangkan seluruh massa otot yang telah dibentuk, membutuhkan waktu dua kali lebih lama dibanding waktu pembentukannya.

Sebuah studi yang dilansir Fitnes Magazine mengemukakan bahwa pelatihan angkat beban selama dua bulan dapat meningkatkan 47% kekuatan otot. Setelahnya, bersantai selama dua bulan hanya menghilangkan 23% kekuatan, atau setengahnya saja.

5. Otot bakar lebih banyak kalori dibanding lemak

Dalam satu hari, jumlah kalori yang mampu dibakar oleh tubuh tanpa melakukan aktivitas berat bergantung pada komposisi otot tubuh. Metabolisme otot lebih aktif dibanding lemak, artinya otot mampu lebih banyak membakar lebih banyak kalori dibanding lemak meski kita hanya beristirahat seharian. LA Times melaporkan, dalam satu hari 500 gram otot mampu membakar enam kalori, sedangkan lemak hanya dapat membakar 2 kalori.

6. 35-40% massa tubuh adalah otot

Tubuh mempunyai tiga tipe otot yakni otot rangka, otot jantung, dan otot polos. Otot-otot itu tersebar di seluruh tubuh. Yang paling menakjubkan, ada sekitar 650 lapisan otot rangka dalam tubuh manusia! Itu menjelaskan mengapa 35 hingga 40 persen massa tubuh diperoleh dari massa otot.

Subscribe to receive free email updates: