Tips Mengatasi Anak yang Tak Mau Mendengar Orang Tua

Sumber Informasi Kesehatan Keluarga - Beberapa anak ada yang cenderung cuek dalam artian ketika dinasihati atau diajak berbicara orang tuanya, mereka tak mau mendengarkan. Menjengkelkan bukan jika Anda salah satu orang tua yang mengalami hal itu?

Mengatasi Anak yang Tak Mau Mendengar Orang Tua - Tapi tenang, ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan orang tua agar si kecil bisa lebih memperhatikan Anda terutama untuk mendengar apa yang Anda bicarakan, seperti dikutip dari Boldsky, Kamis (19/12/2013):

1. Tak perlu berteriak
Sebaiknya jangan berteriak dan memaksa anak untuk mendengarkan perkataan Anda. Berteriak pada anak justru membuat mereka merasa cemas, lebih agresif, dan cenderung lebih keras kepala. Ada baiknya Anda lebih tenang ketika berbicara dengan anak. Jangan lupa pula untuk jadi lebih ekspresif sehingga anak bisa mengalihkan perhatiannya pada Anda.

2. Jangan membandingkan anak
Jangan pernah membandingkan anak dengan teman-temannya. Anda harus memahami bahwa setiap anak berbeda. Selain itu, gunakan pula pesan atau nasihat sederhana yang meskipun sedikit demi sedikit tapi bisa dimengerti anak. Ketimbang satu nasihat yang panjang dan rumit akan membuat anak makin 'malas' mendengarkan Anda.

3. Berakting seperti mereka
Menyampaikan sesuatu bisa berhasil dilakukan ketika orang tua berakting layaknya putra putri mereka sesuai dengan umurnya. Namun, jika memang anak sudah melampaui batas, sesekali Anda bisa tegas saat berbicara dengan mereka.

4. Ganti kata 'tidak' dengan 'lebih baik' atau 'ya'
Mendengar kata tidak bisa jadi membuat anak lebih tidak mendengarkan Anda. Hanya dengan mengganti kata tidak dengan ya atau lebih baik, mereka akan mengetahui bahwa Anda sebagai orang tua benar-benar menyayanginya dan mereka pun lantas mau mendengarkan Anda.

5. Ubah cara komunikasi
Jangan gunakan istilah yang rumit saat berbicara dengan anak. Saat berbincang dengan anak, pastikan mereka mengerti intonasi, nada bicara, dan jalan pikiran yang Anda utarakan dalam bentuk percakapan.

6. Beri fakta
Banyak anak yang cenderung ngeyel ingin tahu suatu alasan ketika mereka dinasihati orang tuanya. Nah, sebelum berbicara dengan anak, ada baiknya Anda menyiapkan berbagai informasi berupa fakta-fakta yang kemungkinan akan muncul dari pertanyaan mereka.

Subscribe to receive free email updates: